Manfaat Rutin Olahraga Saat Hamil

Selama hamil, kita perlu memberikan perhatian lebih pada kondisi kesehatan diri sendiri juga janin dalam kandungan. Pola makan dan pola hidup pun harus diatur sedemikian rupa demi proses persalinan yang lancar. Salah satunya adalah dengan tetap rutin berolahraga.

Baca juga : Obat Membersihkan Rahim Pasca Keguguran Tanpa Kuret

Yaps, moms tetap perlu rutin olahraga saat hamil. Justru ada banyak manfaat luar biasa yang bisa moms peroleh dengan tetap rutin melakukan olahraga. Seperti sejumlah manfaat berikut ini.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Persalinan sangat menguras tenaga baik fisik maupun mental. Prosesnya bisa berlangsung berjam-jam lamanya. Di sini daya tahan tubuh ibu harus kuat. Bila selama hamil tetap rutin melakukan olahraga, proses persalinan nantinya juga diharapkan bisa lebih lancar.

  • Memperkuat Otot-otot Dasar Panggul

Seperti yang dilansir oleh thehealthsite.com, untuk proses persalinan yang lancar penting untuk membuat otot-otot dasar panggul rileks. Bila selama hamil rutin melakukan olahraga khusus ibu hamil, otot-otot dasar panggul ini bisa lebih kuat. Sehingga bisa membuat otot-otot di area Miss V, saluran kemih, rektum, dan kandung kemih juga kuat.

  • Memperkuat Otot Paha untuk Mencegah Stres Persalinan

Selama proses persalinan, otot paha juga perlu bekerja keras. Bahkan memiliki peran penting untuk membuat proses persalinan berjalan lancar. Kalau otot paha cepat lelah, bisa-bisa nanti menyebabkan stres persalinan. Untuk itu penting banget bagi ibu hamil juga olahraga rutin melatih otot paha agar kuat selama persalinan.

  • Mencegah Kegemukan Selama Persalinan

Banyak faktor seperti usia dan berat badan yang mempengaruhi lancar tidaknya proses persalinan. Olahraga rutin ini bisa bantu mencegah kegemukan selama persalinan. Sehingga berat badan tetap terkontrol dengan baik.

  • Lebih Cepat Pulih Setelah Bersalin

Setelah melahirkan, proses pemulihan juga sangat penting. Agar bisa cepat pulih dan sehat setelah bersalin, kondisi tubuh ibu juga harus bisa tetap fit. Kalau selama hamil sudah rutin olahraga, proses pemulihan setelah bersalin ini bisa berjalan dengan lebih cepat.

Baca juga : Cara Mengatasi Kencing Berdarah Pada Wanita

Selama hamil, ada baiknya memang mengikuti kelas olahraga khusus ibu hamil dengan bantuan pelatih profesional. Atau kalau mau olahraga yang ringan dan aman bisa dengan jalan kaki santai setiap harinya. Tetap gerak aktif dan rutin olahraga selama hamil jelas sangat penting bagi ibu hamil dengan kesehatan dan juga kelancaran proses persalinan.

Manfaat Rutin Olahraga Saat Hamil

Tags: kesehatan ibu hamil Tips Kesehatan

Posting Terkait "Manfaat Rutin Olahraga Saat Hamil"

Manfaat Rajin Bersepeda untuk Kesehatan Tubuh
Apakah kamu menyukai aktivitas bersepeda? Perlu kita
Jamu Pembersih Rahim Pasca Keguguran Tanpa Kuret
Jamu Pembersih Rahim Pasca Keguguran Tanpa Kuret,- Salah
Obat Herbal Untuk Penyakit Psoriasis di Apotik
Obat Herbal Untuk Penyakit Psoriasis di Apotik,- Dengan
Hilangkan Rasa Nyeri Saat Menstruasi Dengan Jus Bayam Madu
Ladies, menstruasi merupakan siklus bulanan yang dialami
  1. Cara Mengobati Buah Zakar Besar Sebelah Secara Tradisional | Obat buah zakar besar sebelah3 minggu agoBalas

    […] Baca juga : Manfaat Rutin Olahraga Saat Hamil […]

Tinggalkan pesan "Manfaat Rutin Olahraga Saat Hamil"