5 Fakta Kesehatan Tentang Puting Payudara

Sebagai wanita, kamu mungkin belum begitu mengenal dan tahu banyak tentang bagian tubuhmu sendiri, salah satunya puting payudara. Area sensitif ini perlu kamu kenali lebih dalam, karena bisa jadi dari sinilah kamu tahu tentang kesehatanmu. klik Obat Pembersih Kandungan

  • Bentuknya tak sama

Seperti halnya payudara, puting kanan dan kiri bentuknya juga tak sama. Coba perhatikan, entah itu ukuran, bentuk atau warnanya, kemungkinan tidak sama persis. Spesialis kanker payudara Nikita Shah, MD, mengatakan bahwa hal ini normal.

  • Bisa menonjol atau masuk ke dalam

Puting payudara ada yang menonjol, bahkan jika tidak dirangsang. Ada juga yang bersembunyi dan masuk ke dalam, bahkan jika kamu memakai kaus, kamu seakan tak punya puting, karena tampak mulus. Dan hal ini sangat wajar dan normal.

  • Besarnya areola bisa bervariasi

Ada yang punya areola (bagian gelap di sekitar puting) lebar dan ada yang kecil. Tak ada yang salah dengan hal ini, karena ukuran lebar areola tiap wanita bisa berbeda-beda. Bahkan warnanya bisa berbeda, mulai dari yang pink, hampir sama warnanya dengan kulit hingga cokelat gelap.

Baca juga : Obat Buah Zakar Besar Sebelah

  • Benjolan kecil-kecil di sekitar areola punya kegunaan

Mungkin kamu khawatir melihat ada benjolan kecil-kecil atau tidak rata pada areola. Tapi jangan khawatir, karena benjolan kecil-kecil yang disebut Montgomery tubercles itu sebenarnya punya maksud. Saat kamu hamil dan menyusui, bagian ini akan membantu mengeluarkan minyak mencegah puting dan areola kering dan pecah-pecah. Minyak ini juga punya sifat antibakteri, membantu menjaga area puting tetap higienis untuk dihisap bayi.

  • Rambut di puting payudara itu normal

Beberapa wanita melihat ada satu dua rambut tumbuh di area areola, dan sebenarnya hal ini sangat alami. Tapi jika rambut di area ini banyak dan tumbuh tak terkendali, sebaiknya periksakan ke dokter, karena kemungkinan kamu mengalami hormon yang tak seimbang.

Selama tidak ada perubahan yang kamu rasakan baru-baru ini pada puting payudara, tak perlu khawatir ladies. Tapi jika ada perubahan, apalagi jika perubahan hanya terjadi pada salah satu puting, entah bengkak, timbul benjolan atau lainnya, bisa jadi itu tanda infeksi atau kanker. Segera periksakan ya.

5 Fakta Kesehatan Tentang Puting Payudara

Posting Terkait "5 Fakta Kesehatan Tentang Puting Payudara"

Manfaat Rajin Bersepeda untuk Kesehatan Tubuh
Apakah kamu menyukai aktivitas bersepeda? Perlu kita
Manfaat Rutin Olahraga Saat Hamil
Selama hamil, kita perlu memberikan perhatian lebih
Jamu Pembersih Rahim Pasca Keguguran Tanpa Kuret
Jamu Pembersih Rahim Pasca Keguguran Tanpa Kuret,- Salah
Obat Herbal Untuk Penyakit Psoriasis di Apotik
Obat Herbal Untuk Penyakit Psoriasis di Apotik,- Dengan

Tinggalkan pesan "5 Fakta Kesehatan Tentang Puting Payudara"