Penyakit Kista Pada Payudara Penyebab Dan Gejalanya

Penyakit Kista Pada Payudara Penyebab Dan Gejalanya yang harus kita ketahui karena penyakit kista pada payudara wanita ini adalah penyakit serius yang harus ditangani denggan benar.
Penyakit Kista Pada Payudara Penyebab Dan Gejalanya
Payudara terdiri dari kelenjar yang memproduksi air susu serta saluran yang menyalurkan air susu ke puting. Kedua bagian ini dikelilingi jaringan fibrosa dan jaringan lemak. Kista payudara terjadi saat terdapat rongga berkantung yang terisi cairan di jaringan payudara. Oleh karena itu, kista payudara ditandai timbulnya benjolan jinak pada payudara.
Kista payudara tidak berbahaya dan bukan kanker. Tapi, kista payudara dapat terjadi pada usia berapa pun. Namun biasanya, kista payudara terjadi pada wanita yang berusia 35 tahun dan belum mengalami menopause.
Penyakit Kista Pada Payudara Penyebab Dan Gejalanya,- Meski demikian, wanita yang jmelakukan perawatan terapi penggantian hormon atau HRT (Hormone Replacement Therapy) setelah mengalami menopause pun masih mungkin mengalami kista payudara. 
Kista payudara biasanya terasa lunak maupun keras. Ukurannya pun beragam, dari beberapa millimeter hingga sentimeter. Kista ini dapat berkembang di bagian payudara mana pun. Kebanyakan wanita tak merasakan apa pun meski ia mengalami kista payudara. Akan tetapi, kista payudara kadang dapat terasa sakit dan membesar menjelang menstruasi.
Benjolan pada kista payudara biasanya ditemukan saat wanita menjalani pemeriksaan rutin mamografi atau pemeriksaan kelenjar payudara dengan menggunakan sinar X. Pemeriksaan mamografi ini biasanya dilakukan bila usia wanita tersebut sudah mencapai 40 tahun ke atas.
Jika usia Anda masih di bawah 40 tahun, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan USG. Pemeriksaan kista payudara lainnya adalah pengambilan cairan dari dalam benjolan.
Kebanyakan kista dapat hilang dengan sendirinya. Namun jika kista ini membesar dan menimbulkan rasa tidak nyaman, dokter dapat mengeluarkan cairan menggunakan suntikan dan jarum. Biasanya cairan yang dikeluarkan berwarna cerah dan gelap. Kista akan hilang setelah cairan dikeluarkan dan area bekas kista dapat terasa memar dan lebih lunak.
Rasa nyeri bisa diatasi dengan meminum obat penghilang rasa sakit seperti parasetamol. Meski demikian, kista payudara dapat muncul kembali sehingga harus dilakukan proses pengobatan serupa. Oleh karena itu, waspadalah terhadap segala perubahan yang mungkin timbul pada payudara. Jika usia Anda masih di bawah 40 tahun, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan USG. Pemeriksaan kista payudara lainnya adalah pengambilan cairan dari dalam benjolan.

Penyebab

Faktor resiko yang menyebabkan terjadinya penyakit kista diantaranya adalah faktor usia, faktor hidup tidak sehat, obesitas, makanan tidak sehat, merokok, stress, menggunakan baju basah.

Gejala

Gejala yang akan dirasakan oleh penderita penyakit kista diantaranya adalah:
  • Gatal
  • Tumbuh benjolan
  • Memerah
  • Sakit
  • Demam
  • Terasa panas pada bagian benjolan
Penyakit Kista Pada Payudara Penyebab Dan Gejalanya,- Kebanyakan kista dapat hilang dengan sendirinya. Namun jika kista ini membesar dan menimbulkan rasa tidak nyaman, dokter dapat mengeluarkan cairan menggunakan suntikan dan jarum. Biasanya cairan yang dikeluarkan berwarna cerah dan gelap. Kista akan hilang setelah cairan dikeluarkan dan area bekas kista dapat terasa memar dan lebih lunak.
Rasa nyeri bisa diatasi dengan meminum obat penghilang rasa sakit seperti parasetamol. Meski demikian, kista payudara dapat muncul kembali sehingga harus dilakukan proses pengobatan serupa. Oleh karena itu, waspadalah terhadap segala perubahan yang mungkin timbul pada payudara.

Penyakit Kista Pada Payudara Penyebab Dan Gejalanya

Tags: kista payudara Pengobatan

Posting Terkait "Penyakit Kista Pada Payudara Penyebab Dan Gejalanya"

Cara Mudah Cegah Penyakit Pancaroba Saat Pergantian Musim
Ladies, panas dalam tak boleh dibiarkan saja.
Obat Tulang Keropos
Cara Yang Ampuh Untuk Mengobati Tulang Keropos
Cara Mengobati pembengkakan pada testis
Mengalami pembengkakan pada testis? Buah kemaluan anda
Obat untuk membersihkan rahim karena keguguran
Mengalami keguguran? Bingung cara membersihkan rahim bagaimana?

Tinggalkan pesan "Penyakit Kista Pada Payudara Penyebab Dan Gejalanya"