Kenali Penyebab dan Cara Penularan Penyakit Tifus

Penyakit tifus bisa menular pada siapa saja termasuk anak-anak atau bahkan orang disekitar anda, maka dari itu ada baiknya kita kenali terlebih dahulu bagaimana penyakit tifus dapat menular. Selamat datang di wesite kami yang akan membahas mengenai Kenali penyebab dan cara penularan penyakit tifus. Selamat membaca.

Kenali Penyebab dan Cara Penularan Penyakit Tifus

Penyebab penyakit tifus

Di masyarakat luas penyakit ini dikenal dengan tipes atau sering juga disebut dengan typus. Tetapi dalam dunia kedokteran disebut dengan typhoid fever atau typus abdonminalis karena berhubungan dengan usus halus dan terkadang menjalar pada aliran darah. Penyakit ini disebabkan oleh kuman salmunella typhi atau salmonella paratyphi A, B, C. Kuman tersebut umumnya berasal dari makanan yang telah tercemar bakteri salmonella. Makanan ini masuk saluran pencernaan, setelah berkembang biak bakteri ini menembus dinding usus hingga menuju saluran limpa. Kemudian masuk kedalam pembuluh darah dalam waktu 24 hingga 72 jam.

Orang yang terserang tifus pada kotoran dan urinenya akan terdapat bakteri salmonella typhi. Sistem sanitasi yang kurang baik dapat membuat bakteri menyebar melalui air yang kemudian di minum oleh manusia. Penyebaran tifus pun juga bisa melalui hewan misalnya lalat. Selain lalat banyak hewan lain sebagai pembawa kuman salmonella ini. Oleh karena itu jika memiliki hewan peliharaan pastikan hewan tersebut selalu bersih dan hindari hewan liar yang banyak berkeliaran ditempat sampah.

Tempat yang kotor dan tidak terawat dapat menjadi sarang bagi kuman salmonella, dan juga makanan yang tidak terjamin kebersihannya saat pengolahan, penyajian dan juga lokasi nya. Maka dari itu jaga selalu kebersihan tampat tinggal anda dan selalu perhatikan apa yang anda konsumsi terutama jajanan dari luar rumah.

Tifus bisa menyerang pada bayi

Bukan hanya pada anak-anak, tifus pun tak ragu menyerang bayi bahkan yang baru lahir sekalipun. Pada bayi terdapat 2 cara penularan yaitu melalui ibu dan melalui makanan tambahan. Penularan yang pertama melalui ibu dapat terjadi sejak bayi masih dalam kandungan hingga memasuki masa persalinan. Penyebaran penyakit tifus juga dapat terjadi melalui air susu ibu (ASI), bahkan penyebarannya ditemukan pada kasus bayi yang mengalami tifus beberapa jam setelah kelahiran padahal bayi tersebut belum mengkonsumsi ASI. Setelah diambil sampel dari cairannya ternyata ada kuman yang dibawa ibu semasa di kandungan. Hal yang harus diketahui bahwa kuman tifus bersipat penetrative dan dapat menembus dinding-dinding barrier.

Pengobatan untuk tifus dilihat  dari kondisi bayi dan penyebaran virus pada tubuh bayi. Apabila ringan maka dokter akan menyarankan untuk istirahat di rumah dan memberikan obat antibiotik yang harus dihabiskan. Sedangkan untuk kondisi yang lebih parah, maka perawatan medis akan membantu menghentikan invasi kuman. Selain pengobatan penyebab tifus juga harus diteliti apa penyebabnya. Apabila disebabkan karena pemberian asi yang terkena kuman maka harus dibersihkan dari bakteri penyebab tifus, apabila tidak maka bayi akan mudah terserang kembali.

Meskipun demikian bukan berarti pemberian ASI yang mempunyai sifat antibodi harus dihentikan, hanya pengobatan pada ibu harus dilakukan .

Cara penularan penyakit tifus

Cara penularan penyakit tifus dapat melalui berbagai cara, yang dikenal dengan 5 F yaitu Food (makanan), Fingers (jari tangan atau kuku), Fomitus (muntah), Fly (lalat) dan feces. Faces dan muntah pada penderita tifus dapat menularkan kuman salmonella thypi melalui minuman yang terkontaminasi dan melalui perantaraan lalat, dimana lalat akan hingga dimakana yang akan kita konsumsi sehingga kuman tersebut dapat dengan mudah masuk kedalam tubuh. Selain itu, jika orang yang kurang memperhatikan kebersihan dirinya seperti mencuci tangan sebelum makan serta makanan yang sudah tercemar kuman salmonella thypi masuk kedalam tubuh melalui mulut yang selanjutnya menyebabkan orang yang sehat akan menjadi tertular.

Kuman salmonella thypi dari manusia yang baru terinfeksi selanjutnya menuju lambung, sebagian kuman akan dimusnahkan oleh asam lambung (HCI) dan sebagian lagi lolos masuk ke usus halus bagian distal usus bisa terjadi iritasi dan mengeluarkan endotoksin sehingga menyebabkan darah mengandung bakteri (bakterimia) primer, selanjutnya melalui aliran darah dan jaringan limpoid menuju limpa dan hati.

Kenali Penyebab dan Cara Penularan Penyakit Tifus

Untuk cara pencegahan serta pengobatan yang alami anda dapat menggunakan obat herbal tradisional jelly gamat gold-g yang sudah jelas terbukti khasiatnya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit kronis atau non kronis termasuk tifus karena obat herbal yang kami sarankan ini 100% terbuat dari bahan alami teripang emas sehingga sangat aman di konsumsi oleh semua kalangan tanpa batasan usia. Selain itu obat herbal ini juga sudah terdafta di BPOM RI sehingga anda tidak perlu kualitasnya terjamin. Cara pemesanan KLIK DISINI !!!

Demikian artikel Kenali Penyebab dan Cara Penularan Penyakit Tifus semoga memberikan manfaat bagi anda yang membaca, jangan lupa share agar lebih bermanfaat bagi kita semua dan jaga selalu kesehatan anda. Terimakasih

Tags: tifus Tips Kesehatan

Posting Terkait "Kenali Penyebab dan Cara Penularan Penyakit Tifus"

Cara Mudah Cegah Penyakit Pancaroba Saat Pergantian Musim
Ladies, panas dalam tak boleh dibiarkan saja.
Obat Tulang Keropos
Cara Yang Ampuh Untuk Mengobati Tulang Keropos
Cara Mengobati pembengkakan pada testis
Mengalami pembengkakan pada testis? Buah kemaluan anda
Obat untuk membersihkan rahim karena keguguran
Mengalami keguguran? Bingung cara membersihkan rahim bagaimana?

Tinggalkan pesan "Kenali Penyebab dan Cara Penularan Penyakit Tifus"