Radang sendi, gejala, penyebab, diagnosa dan langkah pengobatan

Pada penyampaian kali ini kita akan membahas segala yang berkaitan dengan radang sendi ataupun rematik. mulai dari pengertian rematik, apa gejala rematik, faktor yang menyebabkan rematik, rematik pada masa kehamilan, juga perawatan dan pengobatan radang sendi itu sendiri. Rheumatoid Arthritis ( RA ) yang dalam dunia kedokteran diistilahkannya, dimana kita menyebutnya sebagai penyakit radang sendi.
Apa itu radang sendi ?
Rheumatoid arthritis adalah kondisi sistem kekebalan tubuh , atau ” gangguan autoimun , ” yang menyebabkan peradangan pada lapisan sendi . Hal ini juga dapat mempengaruhi kulit , mata , paru-paru , jantung , darah , dan saraf . Meskipun gejala RA dapat datang dan pergi , penyakit ini dapat memburuk dari waktu dan mungkin tidak bisa sembuh dengan sendirinya. Penting untuk diketahui , pengobatan agresif atau pengobatan sedini mungkin adalah kunci untuk memperlambat atau menghentikan radang sendi tersebut .


Apa saja Gejala yang menunjukan radang sendi?

Peradangan sendi dari RA datang bersama nyeri , kehangatan atau serasa panas pada otot , dan pembengkakan . Peradangan biasanya simetris , terjadi pada kedua sisi tubuh pada waktu yang sama ( seperti pergelangan tangan , lutut , atau tangan ) . Gejala lain dari RA meliputi kekakuan sendi , terutama di pagi hari atau setelah periode tidak aktif, ; kelelahan yang sedang berlangsung , dan demam ringan . Gejala biasanya berkembang secara bertahap selama bertahun-tahun , tetapi gejala ini bisa datang dengan cepat bagi sebagian orang .
Siapa saja yang bisa terkena radang sendi?
RA biasanya menyerang antara usia 30-60 , tetapi orang-orang muda dan tua bisa mendapatkannya . menurut survey yang dilakukan di amerika serikat, Sekitar 1 % dari penduduk memiliki kondisi permasalahan ini, yang dua sampai tiga kali lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria . Anda lebih mungkin untuk mendapatkan radang sendi jika Anda merokok atau jika Anda memiliki kerabat yang memiliki penyakit ini .


Apa Penyebab radang sendi ?

Para ilmuwan tidak tahu persis mengapa seseorang mendapatkan radang sendi . Beberapa orang mungkin memiliki risiko genetik yang akan dipicu oleh infeksi tertentu.
Apakah radang sendi berbahaya dan Mempengaruhi Sendi ?
Radang selaput sendi dapat menghancurkan tulang rawan dan tulang , deformasi sendi yang terkena . Saat kondisi berlangsung , sendi bisa menjadi menyakitkan dan tidak bekerja dengan baik .
Pengaruh radang sendi terhadap organ tubuh lain


Pengaruh radang sendi terhadap organ tubuh lain

RA dapat mempengaruhi organ-organ dan bagian tubuh selain sendi , dan nama nama dari penyakit yang disebabkan oleh radang sendi termasuk :
Nodul reumatoid : benjolan di bawah kulit dan di organ internal
Sjogren syndrome : peradangan dan kerusakan kelenjar dari mata dan mulut ; bagian lain dari tubuh juga dapat dipengaruhi
Pleuritis : peradangan pada selaput paru-paru
Pericarditis : peradangan lapisan yang mengelilingi jantung
Anemia : sel darah merah yang sehat tidak cukup
Felty sindrom : sel darah putih tidak cukup . Juga terkait dengan limpa yang membesar .
vaskulitis: Peradangan pembuluh darah , yang dapat menghambat pasokan darah ke jaringan


Mungkinkah radang sendi terjadi pada anak ?

anak menderita radang sendi
Juvenile Rheumatoid Arthritis ( JRA ) adalah jenis yang paling umum dari arthritis pada anak-anak . Seperti RA pada orang dewasa, hal itu menyebabkan peradangan sendi , kekakuan , dan kerusakan sendi . Namun, hal itu juga dapat mempengaruhi pertumbuhan anak . Juvenile RA juga dikenal sebagai juvenile idiopathic arthritis . ” Idiopatik ” berarti penyebabnya tidak diketahui .


Radang sendi dan Kehamilan

Anehnya , rheumatoid arthritis membaik pada hingga 80 % wanita selama kehamilan . Radang sendi mungkin kambuh lagisetelah bayi lahir . Belum diketahui Mengapa hal ini terjadi . Anda mungkin perlu untuk membuat perubahan dalam obat Anda sebelum Anda hamil dan selama kehamilan .


Pemeriksaan radang sendi oleh dokter

resep dokter untuk radang sendi
Karena gejala mungkin datang dan pergi , mendiagnosa RA dalam tahap awal bisa jadi cukup sulit . Jika Anda memiliki gejala-gejala tersebut , dokter mungkin memerintahkan cek ulang kondisi berikut ini lebih lanjut :
  • Kekakuan ketika bangun
  • Pembengkakan / cairan di sekitar beberapa sendi pada saat yang sama
  • Pembengkakan pada pergelangan tangan, sendi tangan , atau jari
  • Sendi yang sama terkena pada kedua sisi tubuh Anda
  • Benjolan di bawah kulit ( nodul rheumatoid )

Tes darah untuk mendiagnosa radang sendi atau rematik
Jika dokter Anda berpikir Anda memiliki RA , dia dapat memberikan tes darah untuk memeriksa tanda-tanda peradangan dalam tubuh .
x-ray
Sinar – X dapat membantu mendiagnosa RA dan memberikan dasar untuk perbandingan kemudian sebagai pengambilan kesimpulan penyakit sendi berkembang . Anda juga bisa mendapatkan MRI atau USG untuk mencari kerusakan sendi dan peradangan .


Cara Pengobatan untuk radang sendi

Meskipun tidak ada obat , pengobatan dapat menurunkan peradangan dan nyeri sendi , mencegah kerusakan sendi , dan membantu menjaga sendi Anda bekerja . Dokter Anda akan membuat rencana berdasarkan kasus tertentu , termasuk usia Anda , bagian sendi yang terkena , dan seberapa parah penyakit ini . Ini akan mencakup obat-obatan dan latihan untuk memperkuat otot-otot di sekitar sendi . Beberapa orang dengan radang sendi akan membutuhkan operasi.
obat-obatan
Obat yang digunakan untuk mengobati rematik atau radang sendi termasuk obat yang memperlambat atau menghentikan penyakit , steroid , dan penghilang nyeri . Anda mungkin perlu untuk mengambil lebih dari satu jenis obat . Misalnya, Anda dapat mengambil satu untuk rasa sakit dan obat lain untuk melindungi sendi Anda dari kerusakan lebih lanjut .


Pilihan pembedahan operasi radang sendi

Jika Anda memiliki banyak kerusakan sendi atau sakit , dokter mungkin menyarankan operasi . Penggantian sendi ( terutama pinggul dan lutut ) adalah jenis yang paling umum untuk orang dengan Rematik . Jenis lain dari operasi termasuk Artroskopi ( memasukkan alat seperti tabung ke dalam sendi untuk melihat dan memperbaiki kerusakan ) dan rekonstruksi tendon .


Pengobatan tradisional untuk penyakit radang sendi selain operasi

pengobatan tradisional radang sendi dengan akupunktur
Beberapa orang dengan RA mendapatkan bantuan dari menggunakan panas lembab , akupunktur , dan relaksasi . Suplemen yang telah terbukti mungkin membantu RA adalah minyak ikan , minyak biji borage , dan cakar kucing . Periksa dengan dokter Anda sebelum Anda mulai konsumsi suplemen karena mereka dapat menyebabkan efek samping dan dapat berinteraksi dengan obat Anda .


Bagaimana cara diet dengan radang sendi?

Meskipun tidak ada ” diet rheumatoid arthritis , ” banyak orang dengan RA  menghindari makanan tertentu untuk membantu meringankan gejala mereka . Makanan tinggi lemak jenuh ( daging , steak , mentega ) meningkatkan peradangan dalam tubuh . Omega 3 asam lemak ( salmon , tofu , kenari ) dapat membantu Beberapa orang merasa bahwa makanan lain seperti tomat , buah jeruk , kentang putih , paprika , kopi , dan susu bisa memperburuk gejala RA .

Tags: Asam urat Pengobatan penyakit anak radang panggul radang sendi rematik

Posting Terkait "Radang sendi, gejala, penyebab, diagnosa dan langkah pengobatan"

Cara Mudah Cegah Penyakit Pancaroba Saat Pergantian Musim
Ladies, panas dalam tak boleh dibiarkan saja.
Obat Tulang Keropos
Cara Yang Ampuh Untuk Mengobati Tulang Keropos
Cara Mengobati pembengkakan pada testis
Mengalami pembengkakan pada testis? Buah kemaluan anda
Obat untuk membersihkan rahim karena keguguran
Mengalami keguguran? Bingung cara membersihkan rahim bagaimana?

Tinggalkan pesan "Radang sendi, gejala, penyebab, diagnosa dan langkah pengobatan"