7 Manfaat dari Buah Pisang

Pisang merupakan buah yang paling umum di Indonesia. Manfaat pisang selain sebagai sumber karbohidrat, ternyata juga masih banyak manfaat yang lain. Mengonsumsi buah-buahan tentunya merupakan kebiasaan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Anda tidak perlu membeli buah-buahan mahal untuk memperoleh manfaat dari buah-buahan tersebut. Seperti pisang contohnya. Buah yang dianggap menjadi sumber karbohidrat ini sangat mudah dijumpai dan diperoleh, namun tidak banyak yang mengetahui manfaat jitu dari mengonsumsi pisang.
 
Berikut adalah fakta mengejutkan dan beberapa keuntungan mengonsumsi pisang ;
 
1. Memberikan energi tambahan
Kerena sarat kandungan vitamin dan mineral, pisang dipercaya menjadi sumber energi. Dibandingkan dengan mengonsumsi minuman berenergi, menyantap dua buah pisang dapat memberikan Anda energi dua kali lipat daripada mengonsumsi minuman berenergi yang mengandung kafein atau makanan ringan yang mengandung banyak gula. Energi yang Anda peroleh dari pisang juga akan lebih lama bertahan.
 
2. Membantu mengurangi Depresi
Kandungan Tryptophan and vitamin B6 yang ada dalam buah pisang dapat memperbaiki suasana hati atau ketenangan diri. Penelitian mengatakan bahwa kekurangan Tryptophan merupakan salah satu faktor yang menyebabkan seseorang dapat memiliki perasaan cemas dan gangguan suasana hati lainnya.
 
3. Membantu sistem kerja otak
Kalium yang dikandung oleh pisang dapat membantu meningkatkan daya kerja otak dan konsentrasi. Maka sangat baik mengonsumsi buah ini untuk meningkatkan daya tangkap dan membantu meningkatkan kecerdasan anak.
 
4. Pereda Hangover
Mengonsumsi pisang di pagi hari dipercaya dapat meredakan hangover akibat konsumsi alkohol pada malam sebelumnya karena kandungan potassium yang dapat menetralisir kandungan alkohol dalam tubuh. Potassium juga bisa diperoleh pada buah kiwi.
 
5. Melancarkan pencernaan dan meredakan sembelit
Pisang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Jika Anda sedang mengalami gangguan pencernaan, sangat disarankan untuk mengonsumsi pisang terlebih dahulu dibandingkan mengonsumsi obat pencahar.
 
6. Membantu proses diet
Kadar karbohidratnya yang tinggi bukan berarti membuat pisang menjadi makan yang harus dihindari ketika Anda sedang diet. Kandungan karbohidratnya dapat memberikan Anda tenaga dan energi yang bertahan lama, dan tentunya membuat Anda tidak mudah lapar. Selain itu, karena serat yang dikandungnya, pencernaan pun akan menjadi lebih lancar. Zat-zat racun yang ada di dalam tubuh juga menjadi terbuang.
 
7. Meredakan nyeri menstruasi
Sebagian besar perempuan memilih cara instan seperti mengonsumsi pil pereda nyeri saat menstruasi. Namun, lebih baik jika Anda mengonsumsi buah pisang karena kandungan B6 nya dapat meredakan nyeri menstruasi yang dapat meregulasi kadar glukosa pada darah.
 
Untuk hidup sehat tidaklah perlu sesuatu yang langka atau bernilai mahal. Dengan mengoptimalkan konsumsi buah pisang akan banyak manfaat yang dapat Anda peroleh secara alami dibandingkan dengan mengonsumsi makanan berbahan kimia yang mungkin memiliki efek samping.

 

Tags: kesehatan

Posting Terkait "7 Manfaat dari Buah Pisang"

Cara Mudah Cegah Penyakit Pancaroba Saat Pergantian Musim
Ladies, panas dalam tak boleh dibiarkan saja.
Obat Tulang Keropos
Cara Yang Ampuh Untuk Mengobati Tulang Keropos
Cara Mengobati pembengkakan pada testis
Mengalami pembengkakan pada testis? Buah kemaluan anda
Obat untuk membersihkan rahim karena keguguran
Mengalami keguguran? Bingung cara membersihkan rahim bagaimana?

Tinggalkan pesan "7 Manfaat dari Buah Pisang"