Makanan sehat untuk penderita diabetes

Makanan sehat untuk penderita diabetes memiliki beberapa aspek penting. “Makan sehat adalah cara termudah mengelola diabetes,” ujar DR. dr. A.R. Inge Permadhi, MS, SpGK., pada seminar “Hari Diabetes Sedunia: Makanan Sehat” yang diadakan oleh Soyjoy dan MRCCC Siloam Hospitals Semanggi. 
Makanan sehat untuk penderita diabetes
Dikutip dari www.meetdoctor.com Berat badan sangat memengaruhi kesehatan penderita diabetes. Oleh karena itu, penderita diabetes harus menimbang berat badan setiap seminggu sekali. “Jadi, kenaikan berat badan yang berlebihan bisa dikendalikan lebih dini,” ucap dr. Inge. Selain itu, hitunglah BMI (Body Mass Index) untuk mengetahui apakah Anda termasuk kelebihan berat badan atau tidak. Di mana BMI yang normal adalah BMI 18,5 – 24.
Bicara soal makanan untuk penderita diabetes, perhatikan 4 hal yaitu jumlah, jenis, jadwal makan, dan cara memasak. Jumlah makanan yang dikonsumsi adalah energi masuk dan tenaga yang dikeluarkan untuk beraktivitas alias energi keluar. Jumlah energi masuk dan energi keluar harus setara. 
Nah, inilah cara mengukur jumlah makanan yang sebaiknya Anda konsumsi, “Karbohidrat satu kepal tangan, protein satu telapak tangan, sayur dua tangan ditangkup, minyak satu ruas jari, dan buah satu kepal tangan.”
Contoh makanan untuk penderita diabetes adalah ikan, putih telur, tahu, tempe, dan ayam tanpa kulit. “Daging boleh, tapi pilih yang rendah lemak. Susu pilih yang non fat sebab susu tinggi lemak bisa meningkatkan kadar kolesterol. Demikian juga kuning telur.” 
Minyak pun harus diperhatikan. “Minyak yang dipanaskan hingga 80 derajat Celsius justru akan rusak. Jadi, minyak sayur hingga olive oil tidak boleh dipakai menggoreng atau menumis.” Penderita diabetes juga sebaiknya menghindari seafood sebab tinggi kolesterol. “Misalnya, kerang, udang, dan cumi.” 
Santan pun demikian meski termasuk lemak nabati yang tidak mengandung kolesterol. “Hati bisa mengubah minyak nabati yang digunakan untuk menggoreng atau menumis menjadi kolesterol.” Lalu, bagaimana bila penderita diabetes ingin menggoreng atau menumis? “Tumis bumbu, lalu buang minyaknya. Setelah itu, masukkan olive oil.”
Bicara soal olive oil, dr. Inge memberikan tips memilih olive oil. “Belilah extra virgin oil yang dikemas dalam botol kecil dan gelap serta labelnya mencantumkan ‘first cold pressed’.”
Penderita diabetes juga harus memperhatikan indeks glikemik atau makanan yang dapat meningkatkan gula darah. “Ada makanan yang baru dimakan setengah jam bisa menaikkan gula darah dengan cepat. Makanan ini bisa membahayakan penderita diabetes sebab bisa melukai pembuluh darah sebab insulin tidak bekerja dengan normal.” 

Lantas, apa makanan untuk penderita diabetes yang sebaiknya dikonsumsi?

“Beras merah bagus untuk penderita diabetes sebab kulit arinya banyak sehingga memiliki serat berlimpah. Kulit ari ini melindungi karbohidrat sehingga pelan-pelan dikeluarkan saluran cerna ke aliran darah. Alhasil, gula darah tidak cepat naik.” Bila Anda belum biasa memakan nasi merah, dr. Inge menyarankan agar Anda mencampurnya terlebih dulu dengan nasi putih. “Bubur beras putih juga kurang bagus sebab karbohidratnya sudah pecah sehingga lebih cepat menaikkan gula darah.” 

Tags: Diabetes Makanan sehat tips

Posting Terkait "Makanan sehat untuk penderita diabetes"

Cara Mudah Cegah Penyakit Pancaroba Saat Pergantian Musim
Ladies, panas dalam tak boleh dibiarkan saja.
Obat Tulang Keropos
Cara Yang Ampuh Untuk Mengobati Tulang Keropos
Cara Mengobati pembengkakan pada testis
Mengalami pembengkakan pada testis? Buah kemaluan anda
Obat untuk membersihkan rahim karena keguguran
Mengalami keguguran? Bingung cara membersihkan rahim bagaimana?

Tinggalkan pesan "Makanan sehat untuk penderita diabetes"