Batu empedu, Penyebab Dan Gejala

Batu empedu, Penyebab Dan Gejala

Mengupas tuntas tentang penyakit batu empedu yang menjadi penyakit berbahaya dan banyak diderita oleh pria indonesia.

www.fahmy.web.id – Perlu anda ketahui bahwapenyakit batu empedu itu adalah batu yang berada di kantung saluran empedu pada reproduksi manusia. Disini admin +Fahmy ID akan berbagi informasi tentang Batu empedu, Penyebab Dan Gejala.

Terbagi berapa jeniskah penyakit batu empedu?

Batu pigmen – Penyakit batu empedu pigmen adalah batu empedu yang terdiri dari pigmen empedu. Batu pigmen ini hadir dalam jumlah besar, akan tetapi ukurannya sangat kecil.
Batu campuran – Batu empedu campuran ini terdiri dari berbagai macam jenis batu yang disebabkan oleh banyak faktor daintaranya seperti kolesterol, pigmen empedu, pemecahan lemak, dan lainnya.
Batu kolesterol – Batu kolesterol ini mencapai ukuran berdiameter satu sampai dua centimeter. Sehingga sangat cukup untuk memblokir saluran empedu.

Tahukah anda apakah kandungan empedu itu?

Diktutip dari berbagai macam sumber dan kami simpulkan bahwa empedu itu terletak pada bawah hati dan berfungsi sebagai penyimpanan empedu yang diproduksi hati. Kandungan empedu bisa menampung sekitar 0,4 liter empedu. Hati menghasilkan sekitar satu liter empedu setiap harinya.
Empedu adalah cairan hijau kekuningan (kadang-kadang kehitaman) yang diperlukan untuk pencernaan makanan berlemak di usus kecil. Selain mengandung air (95%), empedu juga mengandung kolesterol, garam empedu, garam mineral dan pigmen.
Ketika makanan masuk ke dalam duodenum (bagian pertama dari usus kecil), hormon duodenal diekskresikan. Hormon ini dialirkan darah ke kantong empedu dan menyebabkan dindingnya berkontraksi untuk mengeluarkan empedu. Empedu ini akan keluar melalui saluran empedu, melalui lubang sempit ke duodenum. Garam mineral pada empedu menetralisir keasaman makanan saat dicerna di usus. Asam empedu dan garam empedu memecah lemak, sehingga dapat diolah enzim pencernaan.

Inilah beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit batu empedu pada pria dan wanita

  1. Kencing sambil berdiri
  2. Terlalu banyak duduk
  3. Kurang minum air putih
  4. Penyakit kolesterol

Gejala dan ciri-ciri yang ditimbulkan oleh penyakit batu empedu pada pria dan wanita

Dikutip dari www.majalahkesehatan.com bahwa Dalam kebanyakan kasus, batu empedu tidak menimbulkan gejala. Bila menimbulkan gejala, biasanya karena batu empedu menyumbat saluran empedu sehingga menimbulkan apa yang disebut kolik bilier/kolik empedu. Dalam kondisi tersebut, Anda akan merasakan nyeri hebat di perut bagian kanan atas, yang mungkin menyebar hingga ke tulang belikat, bahu dan dada. Rasa sakit biasanya disertai mual dan muntah. Gejala kolik bilier mungkin berkurang dengan berjalan kaki atau membalik-balikkan tubuh dengan posisi berbeda di tempat tidur. Rasa sakit bisa tiba-tiba berhenti bila batu pecah atau kandung empedu terlalu lelah untuk terus menekan.
Sumbatan kronis batu empedu dapat menimbulkan penyakit kuning. Kelangkaan empedu untuk mencerna makanan menyebabkan gejala sakit perut disertai kulit dan bagian putih mata berwarna kekuningan. Air seni dan tinja berubah menjadi kecoklatan. Sendawa, mual, nyeri dan ketidaknyamanan di perut bagian kanan atas terutama dirasakan setelah mengonsumsi lemak dan sayuran tertentu seperti kubis, bayam, telur atau cokelat.
Batu empedu meningkatkan risiko infeksi. Bila itu terjadi, gejala khas infeksi berupa demam tinggi akan muncul, yang mungkin disertai penyakit kuning. Infeksi dapat terjadi di kandung empedu (kolesistitis), saluran empedu (kolangitis), darah (sepsis), atau pankreas (pankreatitis).
Itulah beberapa ulasan tentang Batu empedu, Penyebab Dan Gejala semoga bisa bermanfaat untuk pengunjung blog ini, jika ada kesalahan admin +Fahmy ID mohon dimaafkan. Salam sehat guys.

Tags: Batu empedu Pengobatan

Posting Terkait "Batu empedu, Penyebab Dan Gejala"

Cara Mudah Cegah Penyakit Pancaroba Saat Pergantian Musim
Ladies, panas dalam tak boleh dibiarkan saja.
Obat Tulang Keropos
Cara Yang Ampuh Untuk Mengobati Tulang Keropos
Cara Mengobati pembengkakan pada testis
Mengalami pembengkakan pada testis? Buah kemaluan anda
Obat untuk membersihkan rahim karena keguguran
Mengalami keguguran? Bingung cara membersihkan rahim bagaimana?

Tinggalkan pesan "Batu empedu, Penyebab Dan Gejala"